Artikel ini adalah catatan pengalaman saya ketika mengalami kesulitan akses mysql server di webhosting karena port 2083 diblokir oleh proxy kantor. Mudah-mudahan catatan kecl ini bisa bermanfaat untuk sahabat yang mengalami hal serupa, hidup di dalam penjara (meski kerja di bagian IT tapi akses internet sangat susah dan terbatas).

Oke, to the point aja berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan koneksi internet bisa mengakses cpanel webhosting Anda. Lha iyalah, kalau gak bisa akses cpanel gimana mo pasang phpmyadmin di webhosting?
  • Login ke cpanel webhosting Anda, lalu buat database baru dengan nama “phpmyadmin” (biasanya akan ditambah prefix otomatis oleh webhostng, misalnya menjadi “juwarto_phpmyadmin”). Anda tidak perlu membuat username dan password untuk database phpmyadmin ini karena username dan password yang akan digunakan adalah username dan password cpanel Anda (sebagai ganti user root mysql).
  • Download paket phpmyadmin dari situs resminya (http[:]//www[.]phpmyadmin[.]org/). Upload file tersebut ke webroot di webhosting Anda (biasanya pada subfolder “public_html”) kemudian extract. Bila diperlukan rename folder hasil extract tersebut dengan nama yang mudah menurut Anda (misal menjadi “phpmyadmin” sehingga nanti url untuk mengaksesnya adalah http[:]//domain[.]anda[.]com/phpmyadmin).
  • Masuk ke folder phpmyadmin (hasil extract) dan salin file config.sample.inc.php ke config.inc.php lalu edit file config.inc.php dengan editor di cpanel. Tidak ada yang harus Anda ubah di file ini kecuali 1 baris saja yakni:
$cfg['blowfish_secret'] = 'isikan_kalimat_apasaja'; /* YOU MUST FILL IN THIS FOR COOKIE AUTH! */

Silahkan isi dengan karakter apapun yang Anda suka ke dalam tanda quote tunggal (”). Kemudian simpan.

  • Extract file paket phpmyadmin (yang tadi Anda upload ke webhosting) di komputer Anda (lokal). Masuk ke folder hasil extract tersebut lalu masuk ke subfolder “scripts”. Dalam subfolder scripts ada file yang bernama “create_tables.sql”. Edit file tersebut pada bagian:
-- 
-- Database : phpmyadmin
--
CREATE DATABASE IF NOT EXISTS phpmyadmin
DEFAULT CHARACTER SET utf8 COLLATE utf8_bin;
USE phpmyadmin;

sehingga menjadi:

--
-- Database : phpmyadmin
-- CREATE DATABASE IF NOT EXISTS phpmyadmin
-- DEFAULT CHARACTER SET utf8 COLLATE utf8_bin;
USE juwarto_phpmyadmin; (perhatikan langkah ke-2)

Kembali ke cpanel webhosting Anda dan buka phpmyadmin. Buka database phpmyadmin (dalam contoh ini nama databasenya adalah “juwarto_phpmyadmin”) lalu import sql dari file “create_tables.sql” yang telah Anda ubah pada langkah ke-5.

Keluar dari cpanel.

Insyaallah phpmyadmin Anda telah bisa diakses (http[:]//domain[.]anda[.]com/phpmyadmin).

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *